Dumai Barat Juara Umum MTQ Kota Dumai 2022

SekilasDumai.com – DUMAI – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVIII Kota Dumai yang digelar sejak Jumat (13/05/2022) malam, berakhir Senin (16/05/2023) malam. Kecamatan Dumai menyabet gelar juara umum.

Musabaqah yang dipusatkan di Masjid Nurul Bahri Jalan MH. Thamrin Kelurahan Pangkalan Sesai Kecamatan Dumai Barat, dibuka Wali Kota Dumai H Paisal dan ditutup Sekretaris Daerah Kota Dumai H Indra Gunawan.

Read More

Selain di Masjid Nurul Bahri, Jalan MH Thamrin, juga dilaksanakan di SMP N 4 Dumai Jalan Teduh dan di SDN 019 Dumai Jalan Paus.

Saat membuka MTQ, Wali Kota Dumai H Paisal mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ 2022 merupakan rangkaian pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) yang selama ini telah dilaksanakan mulai dari tingkat RT, Kelurahan, hingga Kecamatan.

Menurutnya, MTQ telah menjadi suatu agenda keagamaan yang tumbuh subur ditengah-tengah masyarakat.

“Walau demikian, kita tetap tidak menghendaki bahwa kegiatan Musabaqah tersebut hanya merupakan ajang seremonial belaka,” ucapnya

Sesuai dengan tema yang telah disusun, baginya MTQ ke XVIII Tahun 2022¬† adalah salah satu usaha dalam memelihara dan meningkatkan mutu seni baca Al Qur’an qori dan qori’ah Dumai guna terwujudnya generasi yang Qur’ani di Kota Dumai.

“Dalam 5 sampai 10 tahun kedepan, kita berazam bahwa generasi Muda Kota Dumai semakin dekat dengan Kitabullah. Saya yakin bila Al Qur’an telah menjadi bacaan rutin kita semua setiap hari tanpa putus, Insyaallah Dumai Kota Idaman akan segera terwujud,” tutur Paisal.

MTQ Kota Dumai 2022 memperlombakan sejumlah cabang dan diikuti ratusan peserta.

Untuk cabang Tilawah diikuti 46 peserta. Terdiri dari ang Tilawah Anak Anak diikuti 14 peserta, Tilawah Remaja diikuti 16 peserta dan Tilawah Dewasa diikuti 16 peserta.

Cabang Qira’ah terdiri dari Qira’ah Murottal Remaja diikuti 13 peserta, Qira’ah Murottal Dewasa diikuti 11 peserta, dan Qira’ah Mujawwab Dewasa diikuti 11 peserta. Dan cabang Tartil, diikuti oleh 15 orang peserta.

Cabang Tahfiz 1 Juz dan Tilawah diikuti 11 peserta, dan 5 Juz dan Tilawah diikuti oleh 8 peserta.

Kemudian cabang Fahmil Qur’an Beregu diikuti 9 regu, cabang Syarhil Qur’an Beregu diikuti 10 regu, cabang Kaligrafi diikuti 24 peserta, dan cabang Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an diikuti 8 peserta.

Sektetaris Daerah Kota Dumai H Indra Gunawan pada penutupann MTQ XVIII Tingkat Kota Dumai Tahun 2022 mengungkapkan rasa bangga dan senang atas suksesnya MTQ tersebut.

“Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada panitia dan seluruh pihak yang terkait yang telah bekerja keras mulai dari persiapan sampai suksesnya penyelenggaraan MTQ ke XVIII tingkat Kota Dumai Tahun 2022.” Kata Sekda

Kepada para juara Sekda mengucapkan selamat. Ia juga berharap agar prestasi yang diraih dijadikan motivasi untuk mengembangkan ilmu Al-Quran yang dimiliki.

Sementara kepada yang belum berhasil, ia berharap jangan berkecil hati. Melainkan sebagai cambuk untuk meningkatkan prestasi pada ajang MTQ tahun depan.

“Tetap semangat dan terus berusaha mengasah bakat yang dimiliki karena jalan adik-adik sekalian masih panjang untuk meraih prestasi yang gemilang,” Hlharap Sekda.

Sekda menjelaskan, tujuan dilaksanakan MTQ. Kegiatab ini, katanya, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menggemakan syiar Islam dikalangan masyarakat Kota Dumai. Sehingga terwujud masyarakat, tidak hanya pandai membaca Al-Qur’an, juga mampu memahami dan mengamalkan Al-Qur’an.

Lanjutnya, melalui MTQ tingkat Kota Dumai juga diharapkan melahirkan Qori dan Qoriah, Hafiz dan Hafizah, Mufassir dan Mufassirah yang mampu tampil ditingkat provinsi, nasional bahkan Internasional. (rul/inf_dmi)

Related posts